Belanja Baju Murah di KuLaQu SHOP

5 Pantangan Ibu Hamil Yang Harus Dihindari

loading...

Nutrisi Anak Cerdas dan Sehat - Pantangan Ibu Hamil - Hai bunda, Apakah bunda seorang yang hobi dengan makan-makan? Jika Bunda gemar berpetualang cita rasa makanan, sebaiknya perlu diperhatikan beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan ibu saat hamil seperti berikut ini.

Pantanga Ibu Hamil

Jenis Makanan yang Menjadi Pantangan Bagi Ibu Hamil 


1. Makanan mentah atau setengah matang

Perlu diketahui bahwa bahan pangan yang masih mentah atau setengah matang mungkin saja tercemar kuman penyakit, sehingga dapat menimbulkan infeksi. Misalnya saja, seperti bakteri Listeria (bakteri ini dapat mengakibatkan keguguran), bakteri Salmonella (bakteri jenis ini juga dapat memicu keguguran), parasit Toksoplasma (parasit ini menyebabkan janin berkondisi abnormal), serta bakteri E. coli (bakteri e coli dapat merusak usus dan ginjal).

Lalu, apa saja yang boleh dimakan? yang boleh dikonsumsi seperti daging sapi (termasuk daging olahanya seperti sosis dan burger). Sebaiknya hindari bahan makanan apapun yang tidak diproses hingga matang, seperti daging setengah matang, telur mentah, kerang mentah, sushi mentah, sashimi, dan lain-lain. Dan juga sebaiknya hindari makanan olahan dari telur mentah, seperti dressing sebagai salad serta mayonnaise segar.

2. Jenis olahan Seafood

Beberapa jenis Seafood memang banyak terkandung protein, zat besi, serta asam lemak omega-3 yang baik untuk membantu meningkatkan pertumbuhan otak si bayi. Justru, sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris, meyebutkan bahwa kekurangan mengkonsumsi makanan laut selama masa kehamilan dapat mengakibatkan lemahnya kemampuan verbal, gangguan perilaku anak, dan juga masalah terhambatnya tumbuh kembang lain pada anak. 

Namun demikian, Anda harus tetap mesti berhati-hati saat makan seafood. Sebab ada beberapa jenis makanan laut yang berbahaya bagi ibu hamil, seperti mengandung logam merkuri yang berkadar tinggi, sehingga dapat menghambat pertumbuhan sistem saraf  si janin. Lalu, Apa yang boleh dikonsumsi saat hamil? Yang boleh dikonsumsi adalah ikan salmon, udang, teri, dan ikan kakap. Ini juga ada batasanya, maksimal adalah 340 g per minggu. 

Makanan Seafood yang harus di hindari saat hamil adalah Ikan hiu, seafood yang diasapkan,  sushi mentah, serta jenis ikan apapun yang berasal dari air laut yang sudah tercemar.

3. Kafein dan teh herbal

Kafein dan teh herbal bisa saja berdampak buruk bagi ibu hamil jika dikonsumsi secara berlebih. Misalnya, kafein bisa ’menembus’ plasenta, sehingga dapat memengaruhi kinerja detak jantung serta sistem pernapasan pada janin. Bahkan, dari beberapa study menyebutkan bahwa minum kopi yang berlebihan dapat berpengaruh erat dengan rendahnya berat badan bayi ketika lahir dan juga dapat meningkatkan risiko keguguran dan janin meninggal saat lahir.

Bukan berarti kafein dan teh herbal itu tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebenarnya boleh saja mengonsumsi, Anda boleh mengonsumsi kafein asalkan tidak lebih dari 300 mg per hari, atau dikira-kira sebanyak 2-3 cangkir kopi dalam sehari.

4. Keju dan produk susu lainnya

Susu mentah yang belum diolah dengan cara dipanaskan hingga suhu 60°C selama 30 menit  bisa mengandung sejumlah kuman, yaitu Salmonella, Listeria, E. coli, dan bakteri lain.

Anda boleh mengonsumsi susu, serta keju kera dan yogurt saat hamil, asal produk susu  telah melalui proses pasteurisasi. Yang perlu Anda hindari adalah mengonsumsi susu mentah, dan juga keju lunak seperti keju Brie, Feta, Camembert, Blue Cheese, dan Roquefort .

5. Pemanis buatan

Pemanis buatan juga mesti dihindari, meski efek samping dari bahan pemanis tambahan terhadap tumbuh kembang janin masih belum diketahui secara pasti. Namun sejumlah pakar nutrisi melarang wanita hamil untuk mengonsumsi pemanis buatan.

5 Pantangan Ibu Hamil Yang Harus Dihindari 5 Pantangan Ibu Hamil Yang Harus Dihindari Reviewed by admin on 09.00 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.