Belanja Baju Murah di KuLaQu SHOP

Kenali 7 Tanda-tanda Masalah Kehamilan Anda Untuk Penanganan Lebih Awal

loading...

Nutrisi Anak Sehat - Setiap wanita yang sedang hamil memiliki tingkat resiko yang berbeda-beda. Dari setiap resiko yang dihadapi ada yang memiliki risiko ringan, sedang dan bahkan mamiliki resiko tinggi yang bisa membahayakan keselamatan Ibu Hamil dan Janin Anda. 

Gejala Yang Timbul pada saat Hamil
img: Google
Adapun langkah yang tepat untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan pada saat kehamilan adalah, sesegera mungkin memeriksakan kandungan Anda kepada dokter spesialis kandungan Anda. Hal ini ditujukan untuk mengurangi resiko yang terjadi dengan kandungan Anda.

Untuk mengetahui gejala-gejala dan tanda-tanda kehamilan Anda bermasalah, berikut ini adalah gejala-gejala yang sering timbul pada saat kehamilan.

1. Perut Terasa Kembung Dan Kram

Kemungkinan gejala yang timbul : Jika Anda sering merasakan kembung dan kadang-kadang mengalami kram yang sangat menyakitkan dibagian perut, ini biasanya disebabkan oleh kinerja usus yang lamban selama kehamilan, dan  dipengaruhi oleh hormon ketika sedang hamil. Fase kondisi yang parah adalah ketika anda sulit untuk buang air besar, ini dapat memicu sembelit pada saat hamil. 

Untuk menangani masalah sembelit ini sebaiknya Anda menghindari makanan yang mampu memicu gas di dalam lambung, seperti jangan mengkonsumsi durian, tape, nangka dan berbagai sayuran, seperti kembang kol, kol, bawang dan juga minuman berkarbonasi. Jika masalah yang anda alami ini makin serius, segeralah konsultasikan kepada Dokter.

2. Keputihan

Gejala Yang Timbul : Keluarnya bercak darah atau plek kuning, putih atau pucat selama kehamilan. Segera periksakan ke dokter Anda jika terdapat bau busuk, rasa gatal atau terbakar, atau warna berubah menjadi kuning kehijauan, sangat tebal dan berair. Meskipun pada saat hamil keputihan masih dianggap normal, kemungkinan terjadi dikarenakan adanya peningkatan hormon dan juga aliran darah vagina, akan tetapi jika disertai rasa gatal, warna kehijauan atau tebal terbakar bahkan disertai dengan bau busuk. Hal ini sesegera mungkin membutuhkan penanganan medis agar tidak mengalami masalah yang lebih serius bagi perkembangan janin Anda. Terlebih ketika usia kandungan memasuki trimester akhir menjelang persalinan.

3. Dehidrasi dan metabolisme yang over

Kemungkinan gejala yang timbul : Sering berkeringat, keringat di mana-mana. Misalnya di bawah lengan anda, diantara kaki anda, dibagian perut anda, dan juga  mengalir di bagian wajah dan leher. Penyebabnya yaitu metabolisme dalam tubuh anda dalam jumlah yang sangat over dan berlebihan, dan darah memompa dengan ekstra melalui tubuh Anda untuk menghangatkan kulit. Sehingga menimbulkan keringat berlebihan pada sekujur tubuh anda. Untuk memberikan penanganan lebih dini, maka Anda dapat memakai baju yang bisa menyerap keringat, sehingga tidak menimbulkan biang keringat selama masa kehamilan anda. Penting untuk diingat, Perbanyaklah mengkonsumsi cairan lebih banyak, minum air putih delapan gelas perhari sehingga anda tidak mengalami dehidrasi. Akibat dehidrasi yang terjadi pada ibu hamil akan menyebabkan gangguan kesehatan pada ibu dan janin.

4. Hidung mimisan pada saat hamil

Kemungkinan gejala yang timbul : Anda mungkin sering merasakan kondisi tubuh tersasa dingin disertai dengan lubang hidung yang terasa kotor, sihingga menyebabkan anda merasakan tidak nyaman saat bernafas. Hal ini bisa saja terjadi dikarenakan adanya peningkatan hormon dan produksi darah yang menyebabkan selaput lendir menjadi membengkak, kering dan juga berdarah. 

Untuk proses penangananya Anda bisa menggunakan humidifier, sedangkan apabila diperparah dengan mimisan maka anda dapat memiringkan kepala anda sekitar lima menit. Mimisan yang berlangsung sering, misalnya saja satu minggu hingga tiga kali atau empat kali maka harus segera konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.


5. Pembengkakan 

Kemungkinan gejala yang timbul : Pembesaran, mengembung ungu atau vena hitam paling sering di bagian kaki, tetapi juga terjadi di labia. Penyebabnya sebuah akumulasi darah di pembuluh darah, biasanya karena tekanan dari rahim. Dalam memberikan penanganan, jangan berdiri untuk waktu yang lama, menopang kaki Anda terlalu lama terlebih bagi anda yang gemar menggunakan high heels.

6. Gejala garis hitam di tubuh

Kemungkinan gejala yang timbul : Timbulnya noda gelap pada wajah anda, garis gelap pada perut Anda, dada, leher, dan bagian badan anda lainnya. Kondisi ini disebabkan karena tubuh anda memproduksi melanin ekstra, menyebabkan bintik-bintik gelap, peningkatan produksi darah dan perubahan hormone selama kehamilan. Dalam memberikan penanganan anda dapat meminimalkan dengan menggunakan tabir surya dan menutupi dengan menggunakan make up. Meskipun demikian kondisi ini tidak akan menggangu kelangsungan pertumbuhan dan perkembangan janin begitu pula dengan kesehatan anda selama anda tidak menggunakan kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya.

7. Air liur yang berlebihan

Kemungkinan gejala yang timbul: Beberapa wanita hamil menghasilkan air liur yang berlebih sampai tiga atau empat liter sehari. Pendarahan gusi juga umum terjadi terutama setelah menyikat gigi. Kondisi ini disebabkan karena adanya hormon yang berada di belakang gusi berdarah, tapi belum diketahui penyebab utama dari kondisi ini secara pasti. Dalam memberikan penanganannya beralihlah ke sikat gigi lembut. Adapun air liur, meludahkannya mungkin satu-satunya pilihan, anda juga dapat mengkonsumsi air putih secara rutin sebanyak delapan gelas perhari. Perhatikan pula apabila masalah gusi dan gigi anda tidak dapat sembuh dalam waktu satu minggu dan menyebabkan nutrisi yang dibutuhkan tidak anda dapatkan dari makanan maka anda harus segera berkonsultasi pada dokter anda.

Baca Artikel Terkait Lainya : # Cara Menghindari Kehamilan Yang Tidak Diinginkan

Kenali 7 Tanda-tanda Masalah Kehamilan Anda Untuk Penanganan Lebih Awal Kenali 7 Tanda-tanda Masalah Kehamilan Anda Untuk Penanganan Lebih Awal Reviewed by admin on 14.38 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.