Belanja Baju Murah di KuLaQu SHOP

Cara Mengatasi Bayi Pilek Dengan Tepat dan Aman - Tips Kesehatan Bayi dan Balita

loading...

Cara Mengobati Bayi Pilek - Saat buah hati Anda yg masih bayi terserang pilek, pasti bnyak orang tua kalang kabut untuk memberikan obat flu dan membuatnya merasa lebih nyaman. Bayi memang sangat rentan terhadap serangan pilek, ini dikarenakan daya tahan tubuhnya masih lemah. Sehingga berbagai virus dan penyakit mudah sekali menyerang tubuh bayi mungilnya.

Tidak ada jenis obat yg mampu mengusir pilek pada anak lebih cepat. Namun Anda bisa membantu agar si kecil merasa lebih enakan dengan memberinya waktu istirahat yang cukup. Selain itu, bunda juga bisa merawat si kecil yg lagi pilek dengan melakukan beberapa cara tepat berikut sperti yang dilangsir dari situs babycenter.com.

Cara Mengobati Pilek Pada Bayi

Yang pertama, bunda jangan sampe lupa memberikan asupan cairan yg cukup untuk si kecil. Khusus untuk bayi yang masih berusia 4 bulan ke bawah, bunda bisa memberikan jenis asupan ASI atau susu formula yg cukup.

Nah, sedangkan jika bayi sudah berusia 4 bulan, bunda dapat memberikan cairan berupa air putih.  Anda juga dapat mulai memberikan sedikit jus pada bayi yang telah genap berusia di atas 6 bulan.

Baca juga yang ini : 6 Cara Menggunting Kuku Bayi yang Aman

Yang kedua, bantulah si kecil untuk mengeluarkan cairan berupa lendir yg menyumbat hidungnya. Bayi tentunya masih belum bisa mengeluarkan lendir di dalam hidungnya sendirian. Padahal, lendir yg berusaha menyumbat hidung itu bisa membuat si kecil menjadi rewel karena merasa dirinya tidak nyaman .

Untuk mengeluarkan lendir di dalam hidung bayi yang aman dan mudah, bunda cukup melakukan langkah merebahkan kepala si kecil, lalu teteskan sedikit saja air garam pada lubang hidung bayi untuk mengencerkan lendir. Beberapa saat kemudian bunda bisa mengeluarkan lendir tersebut menggunakan pipet atau alat khusus untuk mengeluarkan lendir hidung pada bayi.

Yang Ketiga, oleskan petroleum jelly didaerah sekitaran lubang hidung anak Anda. Saat pilek, bayi sangat rentan terhadap iritasi pada hidungnya akibat gesekan saat bunda berupaya mengeluarkan lendir dari dalam hidungnya. Nah, fungsi petroleum jelly ini bermanfaat untuk mengurangi iritasi yang terjadi pada hidung si bayi mungil anda.

Selanjutnya, diusahakan membuat sirkulasi udara dalam ruangan kamar bayi Anda sedikit menjadi lembab. Bunda bisa melakukanya dengan sedikit menaikkan suhu AC di dalam kamar atau bunda dapat mematikan AC untuk sementara waktu.

Selain itu, Bunda juga bisa membawa si buah hati ke dalam kamar mandi dgn air panas untuk mendapatkan uap hangat dari shower panas yang ada didalam.

Artikel: Cara Ampuh Biar Si Anak Berhenti Nge-Dot atau Ngempeng

Agar buah hati Anda sedikit lebih nyaman saat tidur, bunda bisa menidurkannya dengan posisi setengah berdiri beberapa jam saja dalam sehari. Usahakan hindari menggunakan bantal untuk membantu menidurkan dengn berdiri karena bisa2 membuatnya sulit untuk bernapas. Dan juga jangan menaruh bantal di bawah tempat tidurnya, karena bisa saja membuatnya tidak stabil.

Merawat bayi yang sedang pilek memang bisa menjadi salah satu tugas yang paling melelahkan. Namun, Moms tidak perlu khawatir karena dengan perawatan yang tepat si kecil pasti dapat segera sembuh dari sakitnya.

Ditulis Oleh: Lies Nureni via Velame.com

Cara Mengatasi Bayi Pilek Dengan Tepat dan Aman - Tips Kesehatan Bayi dan Balita Cara Mengatasi Bayi Pilek Dengan Tepat dan Aman - Tips Kesehatan Bayi dan Balita Reviewed by admin on 17.00 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.