Belanja Baju Murah di KuLaQu SHOP

5 Tips Ajarkan Balita Untuk Menabung Sejak Dini

loading...

Cara Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini
Tips Cara Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini - Melihat balita kesayangan kian tumbuh sangat cepat membuat Ibu makin bangga tentunya. Bagaimana tidak, balita imut ini semakin aktif untuk mencoba mengenal hal baru di sekitarnya karena rasa ingin tahu yang tinggi. Biasanya ia akan menirukan cara-cara yang dikakukan oleh orang lain, terutama orang tuanya.

Dengan semakin bertumbuhnya rasa penasaran yang tinggi ini, Ada langkah yang tepat untuk mengajarkan hal positif kepada anak sejak usia dini, yaitu menabung. Ini sangat baik untuk masa depan si anak itu sendiri.

Berikut ini ada beberapa tips cara yang bisa bunda lakukan untuk mengajarkan dan menanamkan kebiasaan menabung pada si Kecil.

1. Mengenalkan Konsep Uang

Langkah sebelum mengajarkan si Kecil untuk menabung, bunda tentu harus terlebih dahulu mengenalkannya konsep uang pada si anak. Ini karena, sikecil belum paham fungsi uang itu untuk apa dan dari mana uang itu berasal. Beritahu juga si Kecil bahwa uang itu memiliki nilai yang berbeda-beda untuk setiap lembarnya, atau tergantung dari angka yang tertulis di permukaan uangnya. Cara seperti ini terbukti memberikan efek dan manfaat ganda bagi perkembangan berfikir balita, selain si anak dapat memahami konsep uang, ia juga bisa sekaligus belajar mengenal angka-angka.

2. Buat si Kecil “Bekerja” untuk bisa Mendapatkan Uang

Kalau si anak sudah paham akan konsep uang, sekarang ajarkan ia bagaimana caranya untuk mendapatkan uang, yuk! Pertumbuhan balita yang kian hari semakin pesat, akan memungkinkan ia untuk melaksanakan instruksi2 sederhana dari bunda. Oleh karena itu, bunda bisa memerintahkan untuk melakukan aktifitas-aktifitas ringan, seperti misalnya membereskan mainan-nya atau untuk meletakkan sepatu pada tempatnya, yaitu dengan diberi imbalan berupa uang saku. Soal jumlah tak perlu terlalu besar, cukup beri lima ratus atau seribu Rupiah. Kegiatan ini diharapkan dapat mengajarkan kepada si Kecil agar lebih menghargai uang, karena ia sudah merasakan bagaimana usaha dan perjuangan untuk memperoleh uang.

3. Menabung Menggunakan Celengan

Si Kecil yang kini sudah punya  uang saku, bisa mulai Bunda ajarkan untuk segera menabung menggunakan celengan. Usahakan, pilih celengan anak dengan bentuk dan warna yang menarik, ini berguna agar ia lebih tertarik untuk memasukkan uang yang ia punya ke dalamnya. Kemudian, ajak lah si Kecil untuk menggambar barang apa yang menjadi keinginannya, dan perintahkan untuk menempelkannya pada celengan. langkah ini bisa menjadi trik agar si anak semakin termotivasi untuk selalu menabung.

4. Membuat Tujuan Menabung

Mintalah kepada si Kecil untuk memilih satu barang yang paling dia inginkan. Kemudian, bunda bisa hitung berapa lama kra-kira ia harus menabung uang agar si kecil mendapatkan barang yang diinginkan. Lalu, buatlah bagan yang berisi kotak-kotak untuk mewakili nama-nama hari dalam seminggu. Setiap si Kecil memperoleh uang saku harian, mintalah kepada si kecil untuk memasukkannya ke dalam celengan miliknya, dan tempelkan kertas warna di kotak yang sudah disediakan. Kegiatan seperti ini bisa mengajarkan kepada si Kecil bahwa semakin rajin menabung, maka dia akan semakin dekat untuk memperoleh barang yang ia inginkan.

5. Memberikan Contoh

Cara paling efektif untuk mengajarkan sesuatu kepada si Kecil yaitu dengan cara memberikan contoh. Perkembangan balita dalam belajar akan lebih cepat dengan cara menirukan perilaku orang di sekitar. Maka dari itu, bunda juga perlu menabung dengan menyisihkan sisa uang belanja di celengan bunda, tentu dengan sepengetahuan si kecil agar iaa tergerak untuk mengikuti kebiasaan yang dilakukan tersebut.

Semoga informasi di atas bisa berguna, ya!

Sumber: ibudanbalita.com | (foto:imggoogle)

5 Tips Ajarkan Balita Untuk Menabung Sejak Dini 5 Tips Ajarkan Balita Untuk Menabung Sejak Dini Reviewed by admin on 12.48 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.