Ini Penyebab Bentol Merah Pada Kulit Bayi, Apa Solusinya?

loading...

NutrisiAnak Sehat - Kulit bayi cenderung rentan terhadap bintik-bintik merah pada kulit sensitifnya. Ini dikarenakan bayi memiliki kecenderungan kulit yang sangat sensitif terhadap iritasi dan alergi, secara umum kulit bayi memiliki struktur kelenjar minyak untuk kulit yang belum mampu berkembang secara sempurna. Berbeda dengan kulit orang dewasa yang telah memiliki daya tahan kulit yang sempurna.

Tips cara Mengatasi Bentol Merah pada Kulit bayi
Foto : google
Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya bintik merah pada kulit bayi, diantaranya adalah faktor alergi, faktor makanan, faktor lingkungan, faktor biang keringat, karena bakteri akibat iritasi kulit sensitive, dll.

Mungkin bagi anda ada yang masih bingung bagaimana cara mengatasi masalah bintik-bintik merah pada bayi anda dan panik dengan kondisi anak yang selalu rewel dan nangis terus menerus karena menahan gatal pada kulit bayi, berikut ini adalah tips agar kulit bayi menjadi sehat.

Untuk mengetahui permasalahan lebih lanjut, simak beberapa faktor penyebab dan solusi mengatasinya berikut ini:

1. Alergi Karena Faktor Keturunan

Kulit bayi sangat rentan terhadap reaksi alergi. Jika kedua orang tua si bayi memiliki riwayat alergi, maka 40 hingga 60 % resiko buah hati anda menderita alergi. Jika salah satu dari anda yang menderita alergi, maka buah hati anda kecil kemungkinan menderita alergi yaitu sekitar 25 hingga 40%. Namun jika keduanya tidak memiliki riwayat bakat alergi, masih kemungkinan besar bayi anda terkena alergi meskipun haya sedikit, ini diakibatkan faktor lingkungan dan makanan.

Cara Mengatasinya yaitu :

Cara yang paling efektif untuk mengatasi alergi pada bayi adalah dengan cara menghindari sumber alergi yang dapat terjadi pada bayi anda. Sedangkan untuk mengurangi rasa gatal pada bayi bisa menggunakan bedak bayi. Berikan susu ASi ekslusif pada bayi anda, karena ASI merupakan makanan terbaik untuk perkembangan daya tahan tubuh bayi mungil anda.

2.  Biang Keringat

Terjadinya bintik-bintik merah pada bayi bisa diakibatkan oleh tersumbatnya pori-pori pada kulit, sehingga keringat pada bayi tidak mampu dikeluarkan dengan maksimal, hal ini dikarenakan bayi sering mengeluarkan keringat.

Cara Mengatasianya :

Hindari penggunaan baju untuk bayi yang berlapis-lapis, pilihlah baju yang berbahan lembut dan berfungsi sebagai penyerap keringat. Lap dan bersihkan tubuh bayi dari keringat menggunakan handuk basah, kemudian keringkan dengan handuk kering yang lembut. Gunakan lation dan bedak khusus bayi untuk mengurangi rasa gatal.

3. Akibat Gigitan Serangga

Kulit bayi sering bentol-bentol merah bisa juga disebabkan oleh gigitan nyamuk, semut, dll. Seringkali disertai bengkak berwarna merah dan gatal sehingga bayi selalu rewel dan nangis. Ini merupakan gejala yang paling sering ditemui.

Cara Mengatasinya :

Anda bisa mengatasinya dengan cara mengoleskan minyak kayu putih, minyak tawon dan minyak telon untuk mencegah gigitan serangga.

TIPS : Untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi bintik merah pada kulit bayi dan apa obat yang tepat agar bayi tidak mengalami iritasi yang lebih parah, segeralah periksakan bayi anda ke dokter.
Demikianlah faktor penyebab dan cara mengatasi masalah bintik merah pada kulit bayi sensitive, semoga artikel diatas memberikan gambaran dan pengetahuan bagi anda. Silahkan baca Artikel penyebab iritasi kulit bayi bisa anda baca di Faktor Penyebab Iritasi Pada Kulit Bayi Anda 

Ini Penyebab Bentol Merah Pada Kulit Bayi, Apa Solusinya? Ini Penyebab Bentol Merah Pada Kulit Bayi, Apa Solusinya? Reviewed by Adelia Latief on 21.32 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.