Belanja Baju Murah di KuLaQu SHOP

7 Faktor Penyebab Iritasi Pada Kulit Bayi

loading...

Tips Bayi Tetap Sehat - Bayi memiliki kulit yang sangat sensitif dan rentan terhadap iritasi, hal ini menjadi perhatian para orang tua untuk menjaga buah hatinya agar kulit bayi sehat dan terjaga dengan baik. Kulit bayi memang sangat rentan terhadap situasi lingkungan tertentu, karena bayi memiliki struktur kulit yang belum tersusun secara sempurna, lain halnya dengan orang dewasa yang memiliki kekebalan kulit jauh lebih baik dari balita.

Tips Cara Mengatasi Iritasi Kulit Bayi

Untuk informasi seputar faktor pemicu iritasi pada kulit bayi ini saya peroleh dari kabar harian health.kompas,com yang menyebutkan bahwa ada 11 hal pemicu terjadinya iritasi pada kulit bayi. Adapun poin penting yang bisa dijadikan sebagai sumber pengetahuan oleh anda dalam merawat bayi mungil anda adalah sebagai berikut :

Faktor-Faktor Penyebab Iritasi Kulit Pada Bayi

1. Pengaruh tabir surya

Sebagian dari formula tabir surya ternyata dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi, Kandungan yang dapat mengakibatkan iritasi yaitu PABA ( para-aminobenzoic acid), carilah tabir surya yang tidak mengandun PABA.

2. Sabun Anti Bakteri

Beberapa penggunaan sabun anti bakteri memang sangat penting untuk melindungi tubuh dari bakteri. Namun, ada beberapa bahan tertentu yang dapat menimbilkan iritasi kulit seperti triclosan.

3. Eksim

Memberikan pelembab dengan mengoleskan lotion dan pewangi juga bisa menyebabkan iritasi kulit, apalagi jika bayi sudah memiliki masalah eksim sebelumnya. karena beberapa kandungan paraben dan pthtalates bisa menyebabkan gangguan masalah hormonal. Untuk kulit kering sebaiknya menggunakan sabun lembut, dan kemudian dilap menggunakan handuk lembut dengan cara ditepuk-tepuk. Untuk proses lebih lanjut disarankan untuk berkonsultasi pada dokter anak.

4. Baby wipes atau waslap

Penggunaan tisu khusus untuk bayi ( baby Wipes ) yang mengandung alkohol juga bisa menyebabkan iritasi. Selain itu penggunaan pewangi tertentu juga berpotensi terjadinya iritasi kulit. untuk mengatasinya, Gunakan waslap (Handuk lap) yang lembut untuk membersihkan tubuh bayi anda.

5. Deterjen pencuci baju

Karena struktur kulit bayi yang cenderung sensitive, zat kimia Deterjen juga memicu terjadinya iritasi kulit bayi. Solusinya, gunakan detergen yang lembut (mild), dan bilas pakaian untuk bayi dan kain yang digunakan untuk bayi dengan bersih, minimal 2 kali bilasan.

6. Sensitif terhadap kondisioner dan shampo

Periksa terlebih dahulu label pada kemasan shampo untuk mengetahui zat kimia yang terkandung dalam bahan shampo dan kondisioner yang dapat memicu permasalahan di kepala bayi, beberapa bahan yang dicurigai berdampak buruk pada kesehatan adalah phthalates, formaldehyde, dan 1,4 dioxane. Salah satu cara amannya yaitu, gunakan bahan alami yang tidak mengandung bahan-bahan yang mengandung zat kimia yang dapat mengganggu kesehatan.

7.  Zat beracun di sekitar lantai

Kebiasaan bermain di lantai merupakan kesenangan bayi dan balita anda bukan, kita tidak tau bahwa lantai itu bersih dari bakteri atau tidak. Nah, sebagai solusinya adalah bersihkan terlebih dahulu lantai atau barang mainan yang digunakan oleh si kecil dengan pembersih yang bebas dari zat yang berbahaya.

Demikianlah sedikit ringkasan 7 dari 11 poin penting yang bisa anda hindari untuk buah hati anda agar tetap sehat dan bebas bermain.

7 Faktor Penyebab Iritasi Pada Kulit Bayi 7 Faktor Penyebab Iritasi Pada Kulit Bayi Reviewed by admin on 01.36 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.