Belanja Baju Murah di KuLaQu SHOP

Ngidam Saat Hamil, Mitos Atau Fakta..?

loading...

Fakta Atau Mitos Soal Ngidam Saat Hamil - Suatu keinginan yang harus dipenuhi saat hamil sering disebut ngidam oleh kebanyakan orang. Sebenarnya ini adalah hal yang wajar dan biasa terjadi saat ibu hamil. Ibu yang sedang ngidam biasanya identik dengan rasa ingin mengonsumsi makanan yang tak biasa, atau bisa juga ingin melakukan sesuatu yang kurang lazim dilakukan di hari-hari biasanya. 


Ngidam biasa terjadi pada bulan ketiga awal kehamilan. Dan dalam dunia medis, istilah ngidam ini tidak dikenal. Sebab, ngidam bukan keinginan yang berasal dari janin. Banyak masyarakat luar beranggapan bahwa jika ibu hamil sedang ngidam makanan tertentu yang diinginkan dan tidak terpenuhi, maka akan membuat anaknya jika besar nanti punya kebiaasaan suka ngeces alias mengeluarkan air liur. Ingat, itu semua hanyalah MITOS saja. Karena ngidam tidak ada hubungannya sama sekali dengan perkembangan dan kebiasaan bayi ketika sudah lahir. 

Baca Juga : 5 Pantangan Yang Harus Dihindari Saat Hamil 
Lalu kenapa ibu hamil itu biasa ngidam? Ternyata keinginan terhadap sesuatu saat hamil (ngidam) yang dirasakan oleh ibu hamil kebanyakan tentang seputar makanan. Misal, ibu ngidam ingin makan buah yang asem-asem atau bahkan makanan yang langka. Ini terjadi karena hormon-hormon progesteron pada masa ini akan meningkat.

Kalau ibu hamil ngidamnya tengah malam apa sih penyebabnya? Ada juga sebagian ibu hamil yang ngidam minta makan buah mangga malam hari. Ngidam seperti ini tidak harus selalu dipenuhi, karena biasanya ibu hamil yang memiliki keinginan nggak wajar seperti ini biasanya hanya ingin memenuhi rasa nyaman dari sang suami. 

Sebenarnya boleh tidak sih ngidam itu nggak dipenuhi? Boleh saja, tidak semua ngidam harus dipenuhi. Sekali lagi, ngidam pada saat hamil tidak ada hubungannya sama sekali dengan janin yang sedang dikandung. Yang perlu diperhatikan adalah jenis kesehatanya, jika ngidam makanan-makanan yang tak lazim dan tak sehat, sebaiknya jangan dipenuhi. Karena ini dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Jadi, kesimpulanya adalah ngidam saat hamil jika tidak dipenuhi bisa bikin anak ngences itu sebenarnya hanyalah MITOS, faktanya dalam dunia medis tidak mengenal istilah Ngidam bagi ibu hamil.

Ngidam Saat Hamil, Mitos Atau Fakta..? Ngidam Saat Hamil, Mitos Atau Fakta..? Reviewed by admin on 16.11 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.