Belanja Baju Murah di KuLaQu SHOP

6 Cara Menggunting Kuku Bayi yang Aman..

loading...

Cara Menjaga Kesehatan Kuku Bayi - Perawatan kesehatan pada bayi sangat penting, terutama kuku bayi. Bisa jadi kuku menjadi sarang kuman penyakit yang dapat mengganggu kesehatan bayi Anda. Memotong atau menggunting kuku bayi juga harus memerlukan cara yang tepat dan aman, sebab jika dilakukan dengan asal-asalan akan melukai tangan si bayi.

Cara Memotong Kuku Bayi

Nah, Agar lebih aman saat memotong kuku balita dan supaya tidak mencederai kuku  bayi mungil Anda yang masih kecil, sebaiknya gunakan gunting kuku khusus bayi agar lebih aman. Dengan memakai gunting kuku khusus ini akan lebih memudahkan bagi sang ibu saat menggunting kuku si bayi karena bentuk gunting yang melengkung.

Baca Juga : Cara Tepat Agar Balita Berhenti Ngempeng atau Suka Ngedot

Lalu bagaimanakah langkah tepat dan cara memotong Kuku bayi yang aman? Adapun cara yang tepat dan aman saat menggunting adalah harus melalui beberapa proses seperti berikut agar bayi Anda tetap sehat.

1. Potong Kuku Bayi Setelah Mandi

Waktu yang tepat untuk memotong kuku bayi disarankan setelah bayi dimandikan. Karena jika setelah mandi kuku bayi dalam kondisi lunak setelah terkena air, sehingga akan memudahkan proses pembersihan kuku bayi. Lakukan pemotongan kuku bayi saat sang buah hati tertidur, ini akan memudahkan Anda saat akan memotong kuku karena si kecil tidak banyak bergerak.

2. Membersihkan Kuku Bayi Terlebih Dahulu

Periksa dahulu apakah kuku bayi terdapat kotoran di dalamnya. Jika terdapat kotoran, sebaiknyabersihkan terlebih dahulu kuku bayi. Gunakan cotton bud yang sudah dibasahi dengan air untuk membersihkanya. 

Baca Juga : Tips Agar Bayi Anda Tidur Pulas Dimalam Hari Dan Tidak Rewel

3. Potong Kuku dibawah Pencahayaan Cukup

Kuku bayi yang terlihat kecil akan membuat Anda kesulit saat akan mengguntingnya. Agar lebih aman, sebaiknya carilah tempat yang memiliki pencahayaan cukup saat akan memotong kuku balita Anda. Menggunting kuku dengan cahaya yang kurang dapat berakibat membahayakan tangan si bayi. Semisal, kulit kuku akan terluka akibat saat menggunting kuku terlalu dalam sehingga membuat bayi kesakitan.

4. Gunting Kuku Satu Per Satu

Butuh kesabaran saat menggunting kuku si bayi. Anda harus sangat berhati-hati saat menggunting kuku bayi, lakukan pengguntingan satu per satu. Tidak disarankan langsung menjajarkan kelima jarinya, karena ini akan membuat ibu tidak bisa fokus memegang tangan bayi. Ingat, usahakan memotong kuku bayi jangan sampai terlalu pendek agar jari bayi Anda tidak luka dan terkena infeksi.

5. Menghaluskan Kuku Bayi Setelah selesai Dipotong

Setelah Anda selesai menggunting semua bagian kuku bayi mungil Anda , haluskan semua ujung kuku dengan menggunakan kikir khusus bayi. Lakukan cara ini secara perlahan.

6. Sebaiknya Gunting Kuku Dua Kali Seminggu

Menggunting kuku bayi sebaiknya dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu. Ini dilakukan karena kuku bayi cenderung lebih cepat tumbuh.  Kuku bayi yang terlalu panjang juga dapat membahayakan sang bayi dan dapat melukai wajah bayi sendiri.

Nah, itulah beberapa Tips dan cara memotong kuku bayi yang tepat dan Aman. Semoga tips kesehatan dan perawatan bayi diatas bermanfaat buat bunda semua.

6 Cara Menggunting Kuku Bayi yang Aman.. 6 Cara Menggunting Kuku Bayi yang Aman.. Reviewed by admin on 12.22 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.