Belanja Baju Murah di KuLaQu SHOP

4 Jenis Penyakit Kulit yang Paling Sering Diderita Anak

loading...

NutrisiAnakSehat | Jenis-jenis Penyakit Kulit Anak - Penyakit kulit pada anak dapat diidentifikasi lebih dini dengan mengenali tanda-tanda umum yang tak biasa. Sebab, bayi dan balita memang sangat rentan terhadap jenis penyakit kulit, ini diakibatkan sistem pertahanan tubuh balita dan anak-anak belum tumbuh secara sempurna.


Jenis penyakit kulit yang biasa menyerang bayi, balita dan anak-anak adalah biang keringat. Perkembangan bakteri akibat keringat yang terhambat dalam kulit mudah sekali berkembang, ini bisa terjadi akibat pakaian yang digunakan terlalu tebal, panas, atau tidak menyerap keringat. Sehingga bakteri dalam keringat menempel pada kulit sensitif bayi. Untuk mengetahui lebih jauh tentang jenis-jenis penyakit kulit pada bayi, balita dan anak-anak, berikut kami kutipkan informasi dari Liputan6.com.


Macam-macam Penyakit Kulit Pada Bayi, Balita Dan Anak-Andak


1. Biang keringat

Penyakit kulit akibat biang keringat ini biasa timbul pada bayi dan anak-anak. Adapun faktor utama penyebab munculnya biang keringat yaitu pori-pori saluran pembuangan keringat terhambat. Penyakit kulit jenis ini bisa ditantai dengan kemunculan bintik-bintik merah di beberapa bagian tubuh, seperti kepala, leher dan bahu. Biasanya anak akan merasakan panas dan gatal yang diakibatkan biang keringat.

2. Penyakit Kutil Kulit

Kutil pada kulit ternyata bisa menular, medianya dengan cara bersentuhan dengan orang lain yang terinfeksi papilloma. Di setiap kasus yang sering kita jumpai, kutil biasa tumbuh di bagian tangan atau di jari. Langkah tepat menyembuhkan dan membunuh penyebaran kutil agar tidak menyebar adalah dengan cara mencabutnya sampai ke akar-akarnya, lalu balut menggunakan perban.

3. Penyakit Kurap Pada Kulit

Penyakit kulit jenis kurap biasanya terjadi pada Anak-anak, munculnya penyakit kulit jenis ini disebabkan oleh infeksi dan timbulnya jamur yang hidup di dalam rambut, kuku dan kulit mati. Gejala umum yang sering ditemui  biasanya kulit terlihat kemerahan dan bersisik, kemudian membentuk pola seperti cincin. Jika tidak segera diobati biasanya kulit akan terkelupas, gatal yang amat sangat dan melepuh. Langkah tepat mengantisipasi dan mengobati penyakit kurap adalah dengan menggunakan salep anti jamur yang banyak tersedia di apotik-apotik terdekat.

4. Penyakit Kulit Impetigo 

Penyakit kulit Jenis Impetigo terjadi akibat kulit terkena infeksi bakteri yang bernama stafilokokus (wikipedia). Penyakit kulit Impetigo dapat dikenali dengan warna kulit kemerahan atau melepuh berisi cairan dan berkerak. Jika anak anda terkena Impetigo, sebaiknya cegah anak anda agar tidak menggaruk-garuk. Sebab penyakit ini dapat menyebar dengan cepat ke seluruh bagian kulit tubuh yang lainya. Bisa dibilang hampir sama seperti jenis penyakit cacar air pada kulit. Untuk mengobati penyakit Impetigo ini, sebaiknya gunakan obat antibiotik untuk menghentikan penyebaran firus dan menekan rasa gatal yang diderita anak. 

4 Jenis Penyakit Kulit yang Paling Sering Diderita Anak 4 Jenis Penyakit Kulit yang Paling Sering Diderita Anak Reviewed by admin on 18.36 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.