Belanja Baju Murah di KuLaQu SHOP

6 Cara Memberi Motivasi Kepada Anak.. Coba Terapin Dirumah Bunda..!

loading...

Nutrisi Anak Sehat | Tips mendidik Anak - Motivasi yang tepat dapat membuat pola pikir dan insting anak semakin berkembang dengan baik. Sebaliknya, jika motivasi yang diberikan cenderung lebih memaksa justru akan membuat Anak merasa tertekan dan memilih menolak melakukan sesuatu hal. Nah, siasat apa yang tepat untuk memberikan motivasi kepada anak? Tepatnya Anda bisa melakukan 6 hal berikut ini seperti yang dilansir Vemale.com beberapa waktu lalu.

Foto Anak Ceria
Motivasi Anak (Foto: anakbersinar.com)

Inilah Cara Memotivasi Anak Yang Tepat Agar AnakLebih Bersemangat

1. Lebih Berhati-Hati Ketika Hendak Memberi Imbalan

Ingat! kebiasaan memberikan imbalan sesuatu kepada anak-anak dapat berdampak buruk dikemudian hari. Anak-anak yang terbiasa termotivasi karena imbalan cenderung bersemangat melakukan sesuatu yang seolah-olah bergantung pada imbalan tersebut dan baru akan melakukan sesuatu jika ia diberi imbalan. Sebaiknya Anda memberikan pengertian kepada anak tentang pentingnya rasa puas dan bahagia ketika berhasil melakukan sesuatu yang positif dan ia impikan. Memberikan imbalan atas keberhasilan anak sebaiknya disesuaikan dengan proporsinya dan jangan berlebihan.

2. Berbicara Empat Mata

Ngobrol dan berdiskusi empat mata dengan anak-anak dapat membangun motivasi intrinsik mereka, misalnya pada waktu saat makan, saat nonton, dll. Masa Kanak-kanak cenderung rasa ingin tahunya itu besar, maka ajaklah mereka berdiskusi tentang apapun itu yang bisa membuat semangat mereka tumbuh. Tanyakan tentang bagaimana perasaannya saat baru melakukan sesuatu dan cobalah dengarkan semua hal yang dibicarakan. Wujud perhatian dan kasih sayang yang anak-anak peroleh dari orang tua ini justru bisa membuat mereka lebih optimis percaya diri dan lebih bersemangat melakukan aktivitas berikutnya.

3. Jangan Selalu Menuntut Kesempurnaan

Berikanlah kebebasan anak untuk melakukan apa yang mereka inginkaan dan ia sukai, selagi yang dia yakini itu baik bagi dirinya. Biarkan anak Anda mengekspresikan imajinasi sesuka hati, tak masalah jika nantinya dalam mengekpresikan keyakinanya mereka melakukan kesalahan karena di situlah mereka bisa belajar lebih baik lagi.

4. Dorong Anak untuk Terus Mencoba

Rasa puas setelah berhasil mencoba dan melakukan sesuatu perlu diajarkan sejak dini pada diri anak. Jika si anak sudah terbiasa selalu terdorong dan termotivasi untuk terus mencoba dan melakukan hal baru, ia pun akan semakin bersemangat dan "ketagihan" untuk lebih mengembangkan lagi kemampuan yang dia miliki.

5. Tunjukkan Apresiasi

Sebagai orang tua, pastikan Anda selalu berusaha menghargai apa saja yang sudah dilakukan anak Anda sebagai wujud apresiasi yang membangun mental anak. Biasanya, saat anak-anak melakukan sesuatu memiliki maksud dan tujuan tertentu. Mungkin salah satu tujuannya adalah mencari dan mendapatkan perhatian dari orang tuanya. Jadi, berikanlah apresiasi di setiap usaha dan karya yang anak-anak lakukan, agar mereka selalu bersemangat dalam mengembangkan diri.

6. Beri Contoh

Sebagai orang tua sebaiknya memberikan Motivasi yang disertai contoh yang baik pada anaknya. Misalnya dengan rajin membaca maka kita bisa menguasai dunia, Sebaiknya anda juga suka membaca, agar anak termotivasi dan ikut gemar membaca.

6 Cara Memberi Motivasi Kepada Anak.. Coba Terapin Dirumah Bunda..! 6 Cara Memberi Motivasi Kepada Anak.. Coba Terapin Dirumah Bunda..! Reviewed by admin on 11.46 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.