Belanja Baju Murah di KuLaQu SHOP

4 Cara Mengatasi Alergi Pada Anak.. Sudah Banyak yang Sukses Lho Bunda..!

loading...

Cara Mengobati Alergi Pada Kulit Bayi - Alergi pada anak bisa saja terjadi akibat menurunya sistem kekebalan tubuh, umumnya tubuh sangat hipersensitif terhadap lingkungan dan benda-benda tertentu yang menyebabkan alergi pada bagian tubuh seperti kulit, pernafasan dan mata. Sebaiknya jika anak balita Anda mengalami gejala alergi, sesegera mungkin ditangani agar hal ini tidak berlanjut hingga dewasa nantinya.

Gambar Cara Mengobati Alergi Pada Anak

Alergi sendiri sebenarnya tidak menular, hanya saja faktor genetik bisa saja menjadi pemicu utama terjadinya alergi pada balita Anda. Faktor keturunan ini memiliki kemungkinan sangat besar untuk terjadinya alergi pada anak, yaitu sekitar 70%.


Gejala Alergi Pada Anak Dan Balita

Sebelum Anda memutuskan untuk menangani masalah Alergi ini, sebaiknya kenali terlebih dahulu gejala-gejala ataupun ciri-ciri alergi pada anak Anda. Beberapa jenis alergi pada bayi atau balita bisa saja dikenali lebih mudah. Namun, ada beberapa gejala yang sulit untuk dikenali karena sebab-sebab lain, seperti mirip dengan penyakit tertentu.
  • Munculnya bentol-bentol merah pada kulit 
  • Mata merah dan berair.
  • Diare
  • Anak sering menggaruk-garuk, sepertinya ada sesuatu yang mengganggu di bagian tubuhnya
  • Balita mudah pilek dan bersin-bersin.
  • Sesak napas

Jenis Alergi Dan Cara Mengatasi Alergi Pada Anak

Setiap anak atau balita memiliki jenis alergi yang berbeda-beda, tentunya cara penanganan dan cara mengobati pun memiliki perbedaan. Berikut ini adalah macam-macam alergi dan cara mengobati dan mengatasi masalah alergi:

1. Alergi pada saluran pernapasan berupa asma dan flu.
  • Jika balita anda sering bersin-bersin atau asma akibat alergi, sebaiknya segera bawa ke are terbuka dengan udara yang bersih. Jangan lupa untuk membersihkan seluruh ruangan dari debu. Serta hindarkan balita Anda dengan kontak langsung dengan tanaman berbunga, bisa saja serbuk sari bunga menjadi pemicu timbulnya reaksi alergi pada saluran pernapasan.
2. Alergi berupa diare akibat pencernaannya hipersensitif.
  • Sumber alergi bisa saja diakibatkan oleh makanan-makanan tertentu. Jika balita anda mengalami alergi ini sebaiknya jangan beri makanan yang mengandung biji-bijian, cabai, cuka, merica, udang, atau makanan seafood lainnya yang dapat memicu terjadinya alergi.
3. Alergi berupa mata merah 
  • Mata merah pada bayi dan anak kemungkinan besar terjadi karena alergi. Langkah paling tepat mengatasi masalah ini adalah dengan memberikan obat tetes mata. Jika mata anak merasa gatal, cegahlah bila balita anda mengucek-ucek mata.
4. Alergi berupa kulit bentol-bentol merah. 
  • Ini bisa saja diakibatkan oleh alergi terhadap makanan-makanan tertentu, bedak, dan digigit serangga. Mengonsumsi makanan mengandung alergen (pemicu alergi) seperti seafood dan  udang juga berpeluang terjadinya alergi.
  • Namun jika kulit Anak anda mengalami bentol memerah yang terasa gatal akibat alergi, olesi seluruh bagian tubuh dengan lotion kalamin, bedak, minyak tawon  dan kayu putih agar rasa gatal pada kulit berkurang.

 Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi dan mengobati alergi pada balita Anda. Semoga Artikel tersebut bermanfaat.

Baca Juga : Ini Penyebab Bentol Merah Pada Kulit Bayi, Apa Solusinya?

4 Cara Mengatasi Alergi Pada Anak.. Sudah Banyak yang Sukses Lho Bunda..! 4 Cara Mengatasi Alergi Pada Anak.. Sudah Banyak yang Sukses Lho Bunda..! Reviewed by admin on 10.00 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.