Belanja Baju Murah di KuLaQu SHOP

7 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Agar Bayi Sehat Dan Cerdas

loading...

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil - Ibu hamil sangat memerlukan kebutuhan gizi yang baik dan cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janin, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu pola makan sehat dan pemilihan makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi untuk bayi.

Jenis-jenis makanan sehat ibu hamil

Adapun makanan yang tepat untuk ibu hamil muda adalah makanan yang memenuhi gizi. Berikut ini adalah jenis-jenis makanan untuk ibu hamil yang sangat direkomendasikan karena kebutuhan gizi yang sangat baik untuk anak sesuai dengan porsinya.

1. Kacang tanah

Jika Anda tidak alergi dengan kacang tanah dan produk turunannya, kacang tanah merupakan sumber protein tinggi dan asam folat yang sangat baik. Asam folat sangat penting terutama pada saat awal kehamilan untuk mencegah kecacatan otak atau tulang belakang pada janin.

Untuk Porsi per sajian : 15 gram atau 2 sendok makan kacang tanah yang telah dikupas.

2. Ikan Salmon

Salmon mengandung kadar protein dan asam lemak esensial omega 3. Ikan Salmon juga mengandung DHA yang sangat penting dalam perkembangan syaraf otak pada janin. Bagi ibu hamil sebaiknya menghindari mengonsumsi salmon mentah, karena hal ini dapat dimungkinan adanya kontaminasi bakteri pada makanan mentah.

Untuk Porsi per sajian : 40 gram atau 1 potong sedang daging salmon.

3. Daging sapi masak

Zat besi dan protein yang terkandung dalam daging sapi masak sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Protein antara lain dibutuhkan untuk pembentukan otot, pembentukan struktur tulang, pembentukan enzim-enzim, pembentukan sistem imun. Sedangkan zat besi antara lain dibutuhkan untuk pembentukan hemoglobin darah dan juga dapat menurunkan risiko kelahiran prematur.

Untuk Porsi per sajian : 35 gram atau 1 potong sedang daging masak (tanpa lemak).


4. Telur

Telur merupakan sumber protein dan lemak yang juga kaya akan  vitamin dan mineral yang baik untuk kemamilan. Setiap sel-sel tubuh bayi memerlukan protein untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Telur juga kaya kolin yang dibutuhkan dalam perkembangan sel-sel otak. Sedangkan kandungan gizi yang terkandung dalam telur adalah asam lemak omega 3 yang penting untuk perkembangan otak dan penglihatan.

Untuk Porsi per Sajian : 1 telur ukuran besar (50 gram).

5. Cereal

Cereal ( Sereal ) sangat kaya akan serat, karbohidrat dan asam folat yang dapat menurunkan risiko kelahiran bayi cacat. Serat berfungsi untuk membantu mengatasi masalah konstipasi dan ambeien yang sering dialami ibu saat hamil. Sedangkan Asam folat sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin khususnya pada saat minggu-minggu awal kehamilan.

Untuk Porsi per sajian : 28 gram atau 1 cangkir cereal

6. Kacang Merah

Kacang merah mengandung antioksidan, zat besi dan protein. Volume darah ibuhamil meningkat sehingga tubuh membutuhkan tambahan zat besi untuk memproduksi lebih banyak lagi hemoglobin. Selain itu, zat besi juga penting untuk perkembangan kognitif bayi.

Untuk Porsi per sajian : 20 gram atau 2 sendok makan kacang merah


7. Daging ayam


Daging ayam merupakan sumber protein yang penting  untuk pembentukan otot. Selain itu daging ayam juga mengandung berbagai vitamin dan mineral antara lain vitamin B yang penting dalam proses metabolisme dalam tubuh. Dada ayam merupakan sumber potein rendah lemak dan rendah kolesterol. Semua nutrisi ini membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan janin.

Untuk Porsi per sajian : 40 gram atau 1 potongdaging ayam tanpa kulit (untuk menghindari lemak)

Makanan-makanan sehat untuk ibu hamil diatas sangat baik bagi perkembangan calon bayi agar bayi lahir dengan sehat dan cerdas. Anda juga bisa membaca artikel tentang Resep Makanan Bayi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Sumber: www.ayahbunda.co.id

7 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Agar Bayi Sehat Dan Cerdas 7 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Agar Bayi Sehat Dan Cerdas Reviewed by admin on 18.07 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.